Pages

TATA IBADAH EVANGLISASI - 7 OKTOBER 2020



TATA IBADAH EVANGLISASI KELUARGA

Rabu, 7 Oktober 2020

PERSIAPAN

PANGGILAN BERIBADAH (jemaat berdiri)

P             Dalam kemurnian hati, marilah kita menghadap kekudusan Tuhan dan dengan penuh hormat menyembah dia dan beribadah kepadanya, sebab Tuhan adalah Allah yang Besar dan Raja yang mengatasi segala allah.

P+J  Menyanyi KLIK. No. 443 ”INDAH SEBAGAI DI EDEN”

Indah sebagai di Eden pada permulaan

Hutan dan rimba berbunga tampak sedap senang

Refr. :    Marilah hari mulia hari penuh khalas

Di tengah kerjaku ‘ku harap, Kau datang lekas-lekas

TAHBISAN DAN SALAM

P     Persekutuan ibadah evanglisasi keluarga jemaat GMIM Kakaskasen Eben Haezer saat ini, di tahbiskan dalam nama AllaH Bapa, Anak dan Roh kudus. Amin.

P             Salam kasih dari Tuhan Yesus Kristus Kepala Gereja dan Tuhan dunia. Amin.

P+J  Menyanyi KJ. No. 1 “HALELUYA! PUJILAH”

Refr. :    Haleluya! Pujilah, Allah yang Agung, Maha Esa!
Dalam Kristus kita kenal, Allah yang hidup, Bapa kekal!

Langit buana semesta, patut memuji kuasaNya
Karna berkat-Nya tak henti, limpah kasih-Nya tak terperi.  Refr. : …..

PENGAKUAN DOSA (jemaat duduk)

P     Mari berdoa:

        Ya Tuhan sesungguhnya  kami bersyukur atas cinta kasih-Mu di dalam kehidupan kami,  namun di dalam kehidupan ini  seringkali  kami menyakiti hati-Mu baik pikiran kami, tutur kata serta tindakan kami. Bahkan  seringkali kami menyakiti hati sesama kami manusia.  Karena itu ya  Tuhan, ampunilah salah dan dosa kami. Di dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa. Amin.

P+J  Menyanyi NKB. No. 14 “JADILAH TUHAN KEHENDAKMU”

Jadilah, Tuhan kehendakMu! ‘Kaulah Penjunan, ‘ku tanahnya.
Bentuklah aku sesukaMu, ‘kan ‘ku nantikan dan berserah

PELAYANAN FIRMAN TUHAN

P     Mari berdoa:

Ya Tuhan, kami memuji dan memuliakan nama-Mu, Engkau sungguh baik dalam hidup kami. Kami ingin tahu lebih dalam tentang kehendak-Mu dalam hidup ini. Karena itu kami bermohon,

berkatilah kami umat-Mu. Berilah kiranya  Roh Kudus Mu  menerangi kami untuk memahami kehendak-Mu melalui kesaksian Alkitab yang akan kami baca dan renungkan saat ini, supaya kamipun  mampu mengerti yang Tuhan mau untuk kami lakukan setiap hari. Ya Tuhan tolonglah hamba-Mu sebagai pengkhotbah untuk mewartakan kebenaran Firman Tuhan saat ini serta kami jemaat siap sedia untuk mendengarkannya. Dalam nama Yesus kami berdoa. Amin.

P     Pembacaan Alkitab: PL  Kejadian 2 : 8 – 25

RENUNGAN (Tema: “Mengusahakan dan Memelihara Keutuhan Ciptaan”)

Saudara-saudara yang dikasihi  Tuhan Yesus.

Hidup ini saling membutuhan satu dengan yang lain. Manusia membutuhkan lingkungan alam yang sejuk dan asri. Bahkan banyak ibu-ibu dan juga sebagian bapak-bapak suka merawat dan menaman bunga untuk menambah suasana yang nyaman dan harmonis. Allah menciptakan langit dan bumi begitu sempurna termasuk manusia, namun karena keegosian manusia maka manusia sering merusak alam ciptaan-Nya sehingga sering terjadi ketidak-seimbangan ekosistem.  

Bacaan kita hari ini menceritakan tentang Allah adalah penjunan yang membentuk manusia dari tanah, “menghembuskan nafas” kehidupan ke dalam lubang hidungnya.  Perempuan dari tulang rusuk laki-laki. Allah menciptakan dengan firman-Nya, dan Kejadian 2 dengan perbuatan-Nya yang memberi perhatian pada manusia. Allah  menekankan dengan jelas aspek-aspek yang saling mengisi dari karya Allah dalam penciptaan. Ciptaan Tuhan dimana bumi adalah milik Allah sekaligus ditugaskan kepada  manusia untuk mengelolahnya.  Manusia diberikan mandat dan tanggungjawab untuk mengusahakan dan memelihara keutuhan ciptaan Tuhan. Hendak memperlihatkan hubungan yang kini terdapat antara Allah dan manusia, antara laki-laki dan perempuan, antara manusia dan ciptaan yang lain. Semua itu disajikan dalam bentuk cerita yang berkembang dalam lingkaran yang saling melengkapi.

Tuhan membuat taman firdaus  di Eden  yang berarti  taman kesenangan, kenikmatan dan kegemaran, di sebelah Timur sebagai tempat manusia tinggal. Ia menumbuhkan berbagai pohon yang menarik dan baik untuk dimakan buahnya. Tuhan ditampilkan seperti tukang atau ahli taman yang terus bekerja, menanam dan menata taman. Ada dua pohon utama:  pohon kehidupan dan pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat. Ada satu sungai mengalir dari Eden yang memberi kesuburan.  Sungai itu terbagi empat aliran sungai yakni: Pison, Gihon, Tigris dan Efrat (ayat 8-14).

Manusia ditempatkan Tuhan di taman Eden  secara khusus dipakai untuk keselamatan/istirahat yang diberikan Tuhan (Kej 19:16) atau penempatan sesuatu sebagai dedikasi/persembahan pada-Nya  (Kel 16:33-34). Menjelaskan bahwa manusia ditempatkan di taman Eden dalam konteks ibadah kepada Tuhan untuk mengusahakan,  melayani,  dan memelihara taman itu”. Di sini manusia diberikan peran aktif untuk bekerja, tapi bukan sebagai beban melainkan kegiatan yang menyenangkan karena sesuai dengan tujuan hidup manusia. Untuk mengusahakan dan memelihara taman” itu juga berarti Adam harus bekerja sebagai wujud dari ibadat dan yang menaati perintah.

Perintah Tuhan melarang manusia untuk memakan buah pohon pengetahuan tentang yang baik dan jahat, jika ia makan maka pastilah engkau mati. Larangan berfungsi sebagai pembatasan yang memberikan bentuk, yang menggariskan kemerdekaan sebagai pemberian sukarela dari pihak

Allah dan serentak sebagai tugas yang perlu dijalankan manusia. Yang dilarang bukanlah mencari hikmat, tetapi menguasai pengenalan tentang yang baik dan jahat. Kematian yang dimaksud adalah kematian pada akhir hidup yang malang dan bersengsara, dan kematian secara rohani. (ayat 15-17).

         Tuhan memandang bahwa tidak baik jika manusia itu seorang diri saja, tapi Ia menciptakan lebih dulu segala macam binatang untuk menjadi penolong bagi manusia. Ayat 19, Tuhan membentuk dari tanah segala bintang hutan dan burung di udara. Lalu Adam memberi nama kepada mereka. Ayat 20 menyatakan “...tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia“. Penolong yang sepadan,  tapi juga lambang kekuatan.  Penolong dalam pengertian perempuan (isteri) sejajar sebagai pendamping yang berinisiatif dan menjadi mitra laki-laki (suami).. Kata sepadan  mempunyai nilai yang sama; sebanding, seimbang  berarti Adam diciptakan sama uniknya dengan Hawa yang saling melengkapi.  

 Kemudian Ia membuat manusia itu tidur nyenyak lalu mengambil tulang rusuknya.  Kata ini dimengerti sebagai bentuk kesesuaian yang ideal. Istri diciptakan dari tulang rusuk untuk menjadi pendamping dan dekat di hati.  Allah tidak menciptakan perempuan dari tanah, tetapi dari tulang dan daging Adam. Proses penciptaan perempuan ini menunjukkan bahwa Allah ingin menekankan kedekatan antara suami dan istri, (ayat 18-22).

Tuhan membawa seorang perempuan  kepada manusia dan ia menyambutnya dengan semangat: “Inilah dia tulang dari tulangku dan daging dari dagingku”, (ayat 23-24).

Akhirnya, mereka dipersatukan Tuhan dalam lembaga perkawinan sehingga laki-laki harus meninggalkan ayah-ibunya dan bersatu dengan istrinya. Kalimat “bersatu dengan istrinya” berarti “tinggal dengan istri”  dan juga  orang tuanya (mertua)” menunjukkan bahwa hubungan suami-istri seharusnya lebih dekat daripada hubungan orang tua-anak (band. 1 Sam 1:8). Hawa diciptakan untuk berada di sisi Adam sebagai “bagian dari dirinya,” menjadi teman dan penolongnya. Setelah menikah, laki-laki dan perempuan menjadi “satu daging” dan hidup dalam kesucian/kekudusan (ayat 25).

Saudara-sauara yang diberkati Tuhan,

Belajar dari Firman Tuhan ini maka kita sebagai keluarga dan jemaat GMIM Kakakasesn Eben Haezer,  diajak untuk memelihara keutuhan ciptaan Tuhan mulai dari keutuhan sumai istri, keutuhan alam ciptaannya dimana manusia ditempatkan untuk mengusahakan dan mengelola bumi secara bertanggungjawab. Kita menjaga kesehatan kita dengan adanya virus corona, kita saling menguatkan satu dengan yang lain dan kita tetap memelihara iman kita kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat  kita. Amin.

 

PERSEMBAHAN

P             Marilah kita mempersembahkan korban syukur kita kepada Tuhan Allah kita.

P+J  Menyanyi NNBT. No. 15 : 1-3 “HAI SELURUH UMAT TUHAN”

Hai seluruh umat Tuhan bawalah syukurmu, tanda terima kasih atas berkat Tuhan
PersembahanMu itu akan diberkati, bersyukurlah selalu atas berkat Tuhan

Persembahkanlah hidupmu kepada Tuhanmu, hendaklah engkau kudus dihadapan Kristus
Akan tent'ram hidupmu dan aman sentosa, itulah ibadahmu sejati dan kudus

Dalam suka maupun duka, ucapkan syukurmu, b'ri pujian pada-Nya seumur hidupmu.
Jadikanlah hidupmu berkenan pada-Nya, damai dan sukacita sertamu s'lamanya

DOA UMUM

P     Mari kita berdoa:

Bapa kami di dalam Sorga. Bapa yang kami sembah di dalam nama Yesus Kristus dan di dalam persekutuan dengan Roh Kudus. Engkau yang telah menganugerahkan hidup dan pemeliharaan bagi kami sebagai umat ciptaan-Mu.  Kami bersyukur  kepada-Mu  Tuhan Allah yang telah memberikan anugerah keselamatn bagi kami sebagai orang percaya kepada Yesus Kristus. Kami  memuji dan memuliakan akan kebesaran nama-Mu. Kami berdoa kepada-Mu untuk Program pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa mulai aras Sinode, Wilayah, Jemaat bahkan sampai di kolom khususnya  juga  di Jemaat GMIM Kakaskasen Eben Haezer supaya pelayanannya boleh berjalan dengan baik   atas tuntunan kuasa Roh Kudus. Terima kasih juga Engkau terus memberkati setiap aktivitas kami sehingga apapun yang menjadi tugas dan tanggung jawab kami baik dalam pekerjaan atau pun dalam tugas dan kepelayanan kami; semuanya  boleh terlaksana dengan baik sesuai  dengan kehendak-Mu. Ya Tuhan kami pun berdoa kepada-Mu  untuk setiap keluarga Kami (sebut nama keluarga ……. Supaya senantiasa  diberkati dan dilindungi oleh Tuhan dalam kerja dan pelayanan kami. (Boleh tambahkan mendoakan sebagai suami istri, dan anak-anak supaya ………dst……… ) Berkatilah juga persembahan yang kami sudah berikan, untuk dipakai dalam pelayanan gereja kami. Tuhan tambah-tambahkan berkat juga kepada kami semua. Dan jauhkan kami dari segala penyakit dan mara bahaya. Berkatilah juga usaha dan kerja kami masing-masing.

Juga kami  berdoa untuk  pemerintah kami mulai dari Pusat sampai di daerah kami Sulawesi Utara dan Kabupaten/Kota, kiranya  mereka bertugas sesuai dengan apa yang dikehendaki Tuhan. Beri hikmat dan  kearifan kepada memerintah kami dalam membangun  bangsa dan negara kami ini terutama menghadapi pergumulan yang berat dengan adanya pandemic covid 19. Tolong para pakar supaya dapat menemukan obat anti corona. Berkatilah mereka. Ya Tuhan perjalanan kehidupan kami ke depan   kiranya Tuhan  menuntun dan melindungi keluarga kami.  Inilah doa kami,  yang kami alaskan hanya di dalam nama Tuhan Yesus yang sudah mengajarkan  kami doa Bapa Kami. (Kita ucapkan bersama-sama doa Bapa Kami…….. )

 

NYANYIAN PENUTUP (jemaat berdiri)

P+J  Menyanyi NNBT. No. 34 “TUHANLAH PERLINDUNGANKU”

Tuhanlah perlindunganku sumber kekuatanku

Tuhan Perisai hidupku Penolongku yang teguh

Jika jatuh dalam dosa Kaulah yang mengangkatku

Kar'na ku yakin Kau setia sampai s'lama-lamanya

 

BERKAT

P             Tuhan memberkati engkau dan melindungi engkau,

Tuhan menyinari engkau dengan wajahNya dan memberi engkau kasih karunia,

Tuhan menghadapkan wajahNya dan memberi saudara-saudara damai sejahtera.

P+J                         Amin. Amin. Amin. (dinyanyikan)

No comments:

Post a Comment

TATA IBADAH MINGGU - 17 OKTOBER 2021

  GEREJA MASEHI INJILI di MINAHASA WILAYAH KAKASKASEN JEMAAT KAKASKASEN EBEN HAEZER TATA IBADAH HARI MINGGU BENTUK III Minggu, 17 Oktober 20...