Pages

TATA IBADAH EVANGLISASI - 21 OKTOBER 2020



TATA IBADAH EVANGLISASI KOLOM
Rabu, 21 Oktober 2020

PERSIAPAN

PANGGILAN BERIBADAH (jemaat berdiri)

P+J Menyanyi: NNBT. No. 4 “NAIKKAN DOA PADA ALLAH” 

    Naikkan doa pada Allah
    di tempat-Nya yang kudus
    Sembah Dia yang di sorga
    Allah Yang Mahakudus 

        Refr.
        Puji Dia, puji
        Dia Juruselamat manusia
        Agungkanlah yang mulia
        Juruselamat dunia

TAHBISAN 

P     Persekutuan ibadah evanglisasi keluarga, jemaat GMIM Kakaskasen Eben Haezer, jadilah kiranya dalam nama Allah Bapa, Anak-Nya Yesus Kristus dan dalam tuntunan Roh Kudus. Amin.

NAS PEMBIMBING

Lukas 18:20, “Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan berzinah, jangan membunuh, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, hormatilah ayahmu dan ibumu.” 

P+J Menyanyi: NNBT. No. 7 “MARI PUJI TUHAN YESUS”
    Mari puji Tuhan Yesus,
    Dialah Jurus’lamat dunia
    Mari sembah sujud pada-Nya,
    Dialah Raja dunia B’rita keselamatan,
    harus kita sebarkan
    Agar banyak orang tahu
    dan mau datang kepada-Nya 

FIRMAN-NYA MENGUATKAN (jemaat duduk)

P    Doa mohon penerangan Roh Kudus:
Terima kasih ya Tuhan, karena pada kesempatan ini Engkau berkenan bagi kami sebagai keluarga untuk bersekutu memuliakan nama-Mu. Kami mau belajar bersama tentang kehendak-Mu melalui firman-Mu dalam Alkitab. Karena itu kami memohon, berkenanlah kiranya memberkati kami. Berilah Roh dan hikmat-Mu bagi kami, supaya kamipun boleh memahami kehendak-Mu. Dalam nama Yesus Kristus kami berdoa dan memohon. Amin.

P Pembacaan Alkitab: Rut 4:1-17

P KHOTBAH
    Tema: “Mengangkat Harkat dan Martabat Kehidupan”

Saudara-saudara yang dikasihi dan diberkati Tuhan. Setiap orang pasti berkeinginan untuk sukses atau berhasil, sehingga sering terjadi bahwa berbagai usaha dilakukan oleh setiap orang dalam rangka mencapai kesuksesan itu. Tapi penting untuk diketahui bahwa ternyata kesuksesan itu adalah bukan soal seberapa besar materi yang dimiliki atau diperoleh. Karena ternyata bahwa kesuksesan bukanlah sebagai tujuan akhir, tetapi sebagai suatu proses yang harus dilakukan setahap demi setahap. Disadari bahwa untuk melalui tahapan-tahapan itu bukanlah hal yang mudah, sebab membutuhkan perjuangan dan kerja keras. Cerita dalam kitab Rut secara keseluruhan memberikan gambaran tentang tahapan-tahapan yang harus dilalui beberapa tokoh yang berperan dalam kitab ini sebelum mereka mencapai tujuan. Tokoh-tokoh itu memiliki peran dan karakternya masing-masing. Secara khusus dalam kitab Rut 4:1-17 ini kita diajak untuk belajar tentang bagaimana Roh Allah bekerja dalam kehidupan Boas dan Rut. Kedua tokoh yang adalah tokoh utama dalam kitab ini, masing-masing memiliki karakter yang menarik. Boas digambarkan sebagai seorang yang sukses, dan kesuksesannya itu ternyata ditunjang dengan kepribadian dan cara hidupnya yang rendah hati, suka menolong, sabar, profesional ketika diperhadapkan dengan suatu perkara, taat terhadap aturan, mau melibatkan orang lain, serta tidak menunda-nunda waktu. Atas dasar ini kita pasti sepakat mengatakan bahwa Boas menunjukkan kepribadian yang sungguh menarik. Begitu juga dengan Rut yang digambarkan sebagai seorang menantu yang mengasihi mertuanya, berani dalam mengambil keputusan, tidak mudah menyerah, memiliki sopan santun, rendah hati, tangguh dan seorang pekerja keras. Keduanya memiliki kekhasan masing-masing dalam hal karakter, tetapi sungguhpun demikian mereka memiliki misi yang sama, yaitu berusaha untuk mengangkat harkat dan martabat. Boas berusaha untuk mengangkat harkat dan martabat Rut, sedangkan Rut berusaha mengangkat harkat dan martabat keluarga ibu mertuanya, yaitu Naomi. Suatu kolaborasi menarik dan saling menguntungkan nampak dalam cerita Alkitab ini. 

Saudara-saudara.

Kita diajak untuk merefleksikan firman Tuhan ini dalam hubungan dengan keluarga. Sebagai keluarga kita pasti menginginkan untuk mencapai kesuksesan, tetapi diingatkan bahwa jangan sampai menghalalkan segala cara untuk mencapai kesuksesan itu. Ingat bahwa pencapaian akhir bukanlah hal utama tetapi yang lebih utama adalah bagaimana proses yang dilalui untuk mencapai itu. Ketika Rut berhasil mengangkat harkat dan martabat keluarganya, itu diraihnya secara profesional. Ketika Boas berhasil mengangkat harkat dan martabat orang lain yaitu Rut, itu pun diraihnya secara profesional. Sungguhpun harus ada pengorbanan, tetapi tidak ada pihak yang dirugikan, semuanya saling menguntungkan. Kita pun harus belajar dari cara profesional seperti itu dalam mengangkat harkat dan martabat kita ataupun keluarga kita. Proses yang telah dijalani oleh Boas juga oleh Rut merupakan cara yang terhormat, terpuji dan yang lebih utama bahwa itulah cara yang berkenan kepada Tuhan Allah. Yang Dia inginkan adalah kita hidup berdasarkan kehendak-Nya sebab Dia punya rencana indah bagi hidup kita. Ketika kita mau hidup berdasarkan kehendak-Nya, itu berarti kita mau dipakai oleh Tuhan Allah untuk mewujudkan rencana-Nya. Rut dan Boas adalah contoh orang-orang yang harus melalui suatu proses yang sulit, tetapi akhirnya mereka dipakai oleh Tuhan Allah untuk mewujudkan rencana-Nya yang besar bagi umat manusia. Perjumpaan Rut dan Boas adalah bukti kesetiaan Tuhan Allah pada janji-Nya terhadap umat manusia, sebab merekalah nenek moyang Isai, ayah Daud. Amin.

PERSEMBAHAN

P Marilah kita memberikan persembahan sebagai bentuk syukur kita.

P+J Menyanyi: NNBT. No. 15 “HAI SELURUH UMAT TUHAN“

Hai seluruh umat Tuhan,
bawalah syukurmu
Tanda terima kasih atas berkat Tuhan
Persembahanmu itu akan diberkati
Bersyukurlah selalu atas berkat Tuhan

DOA UMUM

P Marilah kita bedoa:
Bapa kami yang di sorga. Kami bersyukur untuk kasih karunia dan anugerah yang Engkau berikan setiap hari. Engkau selalu menjaga dan melindungi kami. Terpujilah nama-Mu ya Tuhan. Kami pun bersyukur karna di saat ini Engkau memberikan kesempatan kepada kami, bersekutu dan belajar bersama dari firman-Mu. Kami mohon, ajarlah kiranya supaya kami selalu taat pada kehendak-Mu, sebagaimana kehendak firman-Mu dalam Alkitab. Ya Tuhan Allah, kami pun berdoa untuk kehidupan kami setiap hari. Kepada kami Tuhan sudah beri peran, baik sebagai anak maupun sebagai orang tua dalam keluarga. Kami selalu mengharapkan pertolongan dan kebaikan-Mu dalam menjalani dan memaknai hidup ini. Ketika kami diperhadapkan dalam persoalan dan pergumulan hidup, baik pribadi atau keluarga, kami hanya menaruh iman dan percaya kami kepada-Mu. Hanya Engkaulah ya Tuhan, harapan dan sandaran hidup kami. Semoga Tuhan berkenan menjaga, melindungi, serta mengaruniakan hikmat-Mu kepada kami dalam memaknai setiap persoalan yang dihadapi. Kami yakin Engkau selalu hadir dengan kuasa Roh Kudus-Mu dalam kehidupan kami. Kami pun berdoa untuk keadaan sulit yang sedang dunia alami sekarang ini. Sungguhpun kami harus mengalami dampak dari keadaan ini, tetapi Engkau mengajarkan kami untuk tidak berhenti menaruh iman dan percaya hanya kepada-Mu. Itulah yang terus kami tunjukkan dalam hidup ini. Dan kamipun terus memohon kepada-Mu, pulihkanlah dunia ini serta pulihkanlah negeri ini dari keadaan sulit yang sedang terjadi. Berkati kiranya untuk pemerintah, dalam segala upaya yang dilakukan untuk mengatasi keadaan sulit ini. Lindungi kiranya mereka dengan anugerah kesehatan dan kekuatan. Berilah perlindungan-Mu dalam hidup mereka bersama keluarga, dan hikmat yang dari pada-Mu kiranya terus dianugerahkan dalam hidup mereka setiap hari. Ajarkan juga kami sebagai warga masyarakat untuk terus menunjukkan kerjasama serta kedisiplinan, sebagai wujud keterlibatan kami dalam upaya mengatasi keadaan sulit yang sedang terjadi. Terima kasih untuk firman-Mu, dan terima kasih juga untuk kesempatan menyampaikan syukur melalui persembahan yang boleh kami kumpulkan, semoga Tuhan berkenan. Ya Tuhan, segala permohonan dan syukur ini kami bawa kepada-Mu, dalam nama Yesus Kristus yang sudah mengajarkan kami doa Bapa Kami (mengucapkan bersama doa Bapa Kami)… Amin

NYANYIAN PENUTUP (jemaat berdiri)

P+J Menyanyi: NNBT. No. 28 “YA TUHAN TOLONG AKU” 

    Ya Tuhan tolong aku, tuntunlah jalanku
    Dan pakai talentaku memuliakan nama-Mu
    Jikalau ‘ku sendiri Engkau menghiburku 
    T’rima kasih ya Tuhanku atas kebaikan-Mu

BERKAT

P Kasih Allah Bapa, dalam Yesus Kristus dan dalam persekutuan dengan Roh Kudus, akan menguatkan dan memberkati setiap usahamu untuk menyinarkan kesaksian dan pelayanan kini dan selamanya.

J Amin. Amin. Amin. (dinyanyikan)

No comments:

Post a Comment

TATA IBADAH MINGGU - 17 OKTOBER 2021

  GEREJA MASEHI INJILI di MINAHASA WILAYAH KAKASKASEN JEMAAT KAKASKASEN EBEN HAEZER TATA IBADAH HARI MINGGU BENTUK III Minggu, 17 Oktober 20...